Sunteți pe pagina 1din 30

Membangun Semangat Belajar Menggapai Prestasi

Tema pidato : Motivasi | Membangun Semangat Belajar Judul pidato : Membangun Semangat Belajar Menggapai Prestasi Pelaku : Guru Assalamu alaikum wr.wb. Bapak-ibu guru yang saya hormati Bapak-Ibu Staf Tata Usaha yang saya hormati Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 27 Surabaya yang bapak cintai Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan nikmatNya yang tiada terhingga diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, dalam keadaan sehat wal afiat. William A. Ward pernah mengatakan mengenai resep sukses, dengan kalimat pendek yang sangat indah : "Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap." Anak-anak ku yang bapak banggakan... Setiap orang, satu dengan yang lainnya, memiliki motivasi yang tidak sama. Seorang anak mau belajar dan mengejar rangking pertama karena diiming-imingi akan dibelikan sepeda oleh orangtuanya. Yang lain mau belajar sungguh-sungguh dengan syarat dibelikan handphone terbaru. Hal ini biasanya bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan. Sesungguhnya kalian pun sudah menyadari bahwa motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila seseorang tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Membangkitkan motivasi bagi beberapa orang mungkin menjadi kendala tersendiri. Ia seperti motor mogok yang bisa berjalan setelah ada yang mendorong. Harapan bapak, tidak ada satu pun dari kalian yang termasuk ke dalam kategori yang disebutkan tadi. Motor mogok. Karena itu, beberapa tips berikut bisa bermanfat buat kalian sehingga ketika semangat mulai kendur kalian punya cara untuk membuat diri kalian dapat termotivasi. Resep berikut semoga bisa kalian terapkan agar semangat kalian menggelora. Pertama, Pilihlah teman bergaul yang tepat Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah

presrasi. Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi. Kedua, Belajarlah apa saja Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya. Ketiga, Belajar dari internet Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Keempat,Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya. Kelima, Temukan motivator atau penyemangat Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi. Ingatlah kembali : "Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap." Semoga lima tips di atas bisa menjadi modal kalian untuk dapat meraih prestasi baik saat ini di sekolah maupun di luar sekolah. Cukup sekian apa yang bapak sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan. Saya ucapkan terima kasih. Assalamu'alaikum wr.wb. Diposkan oleh sobatmaya di 08.54
V

PIDATO TENTANG PRESTASI BELAJAR


Assalamualaikum Wr. Wb.

) (
Yang Terhormat Ibu Retna, selaku wali kelas dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia IX- C, Serta teman-teman yang saya cintai dan sayangi. Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, marilah tidak hentihentinya kita bersyukur kepada-Nya atas limpahan Rahmat, Taufiq, serta Hidayahnya, sehingga kita masih diberi kesehatan baik jasmani maupun rohani sehingga dapat menunaikan kewajiban kita yang utama dan yang pertama, yakni Tholabul Ilmi . Teman-teman yang saya cintai Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan Pembentuk Prestasi Belajar. Prestasi belajar diperlukan untuk meraih apa yang kita inginkan di masa depan. Kita sering mendengar kata prestasi, baik yang di ucapkan oleh ibu/bapak guru maupun teman-teman kita. Tapi, apakah yang dimaksud dengan prestasi itu?. Prestasi menurut para ahli adalah capaian atau hasil akhir yang bisa dilihat setelah proses belajar. Untuk mendapat prestasi belajar tersebut, diperlukan factor-faktor pendorong yang bisa memompa semangat, di antaranya : a. Motivasi. Motivasi memegang peranan penting dalam meraih prestasi. Siswa dengan motivasi yang tinggi walau kemampuannya biasa saja bisa meraih hasil yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan tinggi tetapi tanpa motivasi. Dukungan lingkungan. Lingkungan pergaulan juga menjadi salah satu faktor penting di dalam prestasi belajar siswa. Saat siswa bergaul di lingkungan siswa-siswa yang senang belajar, maka siswa dapat menjadi lebih giat dalam belajar. Sebaliknya, saat siswa bergaul dengan siswa-siswa yang senang bermain, maka siswa juga akan melakukan hal yang sama. Ketersediaan berbagai teknologi. Sering di lihat siswa-siswa sering menggunakan berbagai fasilitas teknologi, namun banyak yang memanfaatkannya untuk kegiatan negatif. Oleh karena itu, perkembangan teknologi sering menghancurkan prestasi yang telah diraih oleh siswa saat digunakan secara tidak tepat.

b.

c.

d. Dukungan Orang Tua. Keberhasilan seorang siswa tidak terlepas dari keikutsertaan orang tua dalam memberikan dukungan. Di dalam setiap usaha yang dilakukan oleh siswa dalam mencapai prestasi belajar, orang tua selayaknya mendampingi dan memberi semangat. Orang tua dapat memberikan pujian dan penghargaan untuk segala prestasi belajar siswa yang di raihnya.

Selain factor-faktor di atas, metode pembelajaran yang efektif juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan metode ceramah sangat tidak disenangi oleh para siswa karena hanya menjelaskan materi hanya secara lisan tanpa adanya contohcontoh yang dapat membantu siswa. Pada zaman sekarang, metode pembelajaran yang banyak digunakan adalah metode diskusi, artinya peserta didik sebagai pelaku utama pembelajaran. Untuk itu, peserta didik harus aktif dalam diskusi sehingga memahami pelajaran. Teman-teman yang saya cintai Adanya tips dan trik untuk meningkatkan prestasi belajar juga di perlukan oleh para siswa, agar siswa tidak hanya mengingat pelajaran satu kali saja, tetapi seumur hidupnya, maka di perlukan adanya tips dan trik, antara lain : a. Mengulang pelajaran secara rutin. Biasakan mengulang pelajaran secara rutin setiap hari, meskipun hanya sekali membaca. Selangkah lebih maju. Manfaatkan waktu luangmu untuk membaca setidaknya satu bab lebih awal dari teman sekelas. Jangan menumpuk ketidak pahaman terhadap pelajaran. Begitu ada yang tidak mengerti atau tidak paham sebaiknya ditanyakan langsung kepada bapak/ibu guru, atau meminta temanmu yang paham untuk menerangkan.

b.

c.

d. Membawa buku catatan kecil. Untuk pelajaran hafalan, usahakan punya buku catatan untuk meringkas poin-poin penting, dengan rapid an sistematis. e. Ikut bimbingan belajar Ikut bimbingan belajar juga membantu memahami pelajaran-pelajaran dengan lebih baik. Untuk itu, demi memperoleh prestasi belajar secara baik, harus di butuhkan niat dan kesungguhan dalam menguasai pelajaran, dukungan penuh keluarga juga membantu untuk membentuk prestasi belajar. Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga kita semua medapatkan hal-hal yang baru dan menjadikan manfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila ada kata yang tidak berkenan di hati anda.

PIDATO DALAM RANGKA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL


Written By Mamap Ismy on Kamis, 14 Juni 2012 | 08.43
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Yang terhormat Ibu Hj. Rostina dan teman teman siswa kelas XII IPA B yang berbahagia. Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato berjudul Persiapan Menghadapi Ujian Nasional.

Ujian Nasional 2012 sudah di depan mata, Ujian Nasional 2012 ini rencananya dilaksanakan pada bulan April mendatang. Ujian Nasional ini merupakan pintu gerbang untuk memasuki institusi pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, yaitu universtas. Banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar kita berhasil dan sukses menghadapi ujian nanti.

Adapun kiat-kiat mengahadapi Ujian Nasional adalah sebagai berikut : 1. Hadapilah ujian dengan tenang Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan , kita harus menyadari bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi dan dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang. 2. Perbanyaklah berlatih mengerjakan soal dan jagalah kesehatan 3. Belajar kelompok Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi. 4. Efektifkan belajar di sekolah Masih terdapat siswa yang datang ke sekolah dan hadir di kelas dengan alakadarnya atau sekadar hadir, tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi maupun prestasinya. Padahal jika dimaksimalkan, niscaya hasilnya akan lebih bagus kalaupun tidak ditambah dengan les-les yang lain di luar jam sekolah.

5.

Mohon

doa

restu

dari

orang

tua

Mohon doa restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran. Kedua orang tua kita akan dengan senang mendoakan putra-putrinya yang sedang berjuang menghadapi UN. 6. Lakukan sholat malam Untuk yang beragama islam,dapat memperbanyak solat malam,untuk memperoleh ketenangan batin.

Itulah 6 kiat mengahadapi Ujian Nasional yang dapat saya sampaikan, sebelum saya mengakhiri pidato saya pada kesempatan kali ini,saya menghimbau teman-teman agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional jauh-jauh hari sebelum menyesal karena kesalahan kita sendiri. Saya menyarankan agar teman-teman dapat memaksimalkan hal-hal yang telah disebutkan agar hasil Ujian Nasional yang kita dapatkan bisa maksimal. Terakhir, saya berharap semoga kita semua sukses Ujian Nasional 2012 dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tema pidato : Motivasi | Membangun Semangat Belajar Judul pidato : Membangun Semangat Belajar Menggapai Prestasi Pelaku : Guru

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang saya hormati Bapak-Ibu Staf Tata Usaha yang saya hormati Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 27 Surabaya yang bapak cintai

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan nikmat-Nya yang tiada terhingga diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, dalam keadaan sehat wal afiat.

William A. Ward pernah mengatakan mengenai resep sukses, dengan kalimat pendek yang sangat indah : "Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap."

Anak-anak ku yang bapak banggakan...

Setiap orang, satu dengan yang lainnya, memiliki motivasi yang tidak sama. Seorang anak mau belajar dan mengejar rangking pertama karena diiming-imingi akan dibelikan sepeda oleh orangtuanya. Yang lain mau belajar sungguh-sungguh dengan syarat dibelikan handphone terbaru. Hal ini biasanya bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan.

Sesungguhnya kalian pun sudah menyadari bahwa motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila seseorang tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya.

Membangkitkan motivasi bagi beberapa orang mungkin menjadi kendala tersendiri. Ia seperti motor mogok yang bisa berjalan setelah ada yang mendorong.

Harapan bapak, tidak ada satu pun dari kalian yang termasuk ke dalam kategori yang disebutkan tadi. Motor mogok.

Karena itu, beberapa tips berikut bisa bermanfat buat kalian sehingga ketika semangat mulai kendur kalian punya cara untuk membuat diri kalian dapat termotivasi. Resep berikut semoga bisa kalian terapkan agar semangat kalian menggelora.

Pertama, Pilihlah teman bergaul yang tepat Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.

Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah presrasi.

Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.

Kedua, Belajarlah apa saja Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.

Ketiga, Belajar dari internet Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri.

Keempat,Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.

Kelima, Temukan motivator atau penyemangat Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

Ingatlah kembali : "Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap."

Semoga lima tips di atas bisa menjadi modal kalian untuk dapat meraih prestasi baik saat ini di sekolah maupun di luar sekolah. Cukup sekian apa yang bapak sampaikan.

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan. Saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Pidato Agama Islam, Keutamaan Sedekah


Written By Qvaa veer khan on Sabtu, 02 Maret 2013 | 18.16

Sedekah adalah salah satu ungkapan rasa sukur sengan cara memberikan sesuatu kepada orang lain, dan sedekah juga merupakan proses begaimana kita berbagi bahagia dengan mereka yang berhak bahagia tapi belum bisa mendapatkan kebahagiaan itu sebagaimana mestinya. Dan melalui contoh naskah pisato, teks pidato, ceramah agama islam dengan tema tentang keutamaan sedekah ini semoga bisa membuka hati para pelopor semuanya untuk bisa memperbanyak sedekah, memperbanyak memberi, memperbanyak berbagi kebahagiaan. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa bersedekah, so mari kita simak contoh naskah pidato, ceramah agama islam, teks pidato dari Qvaa University tentang keutamaan sedekah.

Salam,,

Marilah kita panjatkan segala puji atas rahmatnya, kita di berik kesempatan untuk berkumpul di majlis yang penuh barokah ini, dimana disini kita akan belajar tentang keutamaan sedekah yang semoga bisa menjadi perhitungan yang baik di hari perhitungan kelak. Tak henti sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita baginda nabi Muhammad SAW yang mana di antara keteladanan yang harus semiakin kita teladani adalah bagaimana beliau bersedakah.

Sedekah sangat di anjurkan dalam islam, ajaran agama islam sangat menganjurkan sedekah, para peopor semua tahu kenapa??

Pidato Agama Islam, Keutamaan Sedekah Sala satunya adalah karena sedekah itu mempunyai banyak sekali keutamaan, sebagaimana tentang keutamaan sedekah yang di jelaskan Dalam surah at-Taubah ([9]: 103), sedekah bertujuan untuk menyucikan harta dan diri muzaki agar menjadi penenteram batin mereka. Dalam sejumlah hadis,

Rasulullah SAW menyatakan, sedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang dan mereka yang bersedekah akan memperoleh pahala yang besar di sisi Allah SWT (HR al-Baihaqi).

Sedekah itu mempunyai banyak sekali keutamaan, baik itu bersifat psikis, moral, ekonomi, tapi dari sekian banyak keutamaan sedekah, mengingat terbatasnya waktu, disini kita hanya akan membahas 5 keutamaan sedekah.

Di antara keutamaan sedekah, antara lain, pertama, orang bersedekah mendekatkan kita pada rahmat Allah (QS al-Araf *7+: 56). Sedekah akan menjadi naungan di akhirat saat tidak ada naungan, kecuali naungan Allah. Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya. (HR Thabrani dan Baihaqi).

Kedua, sedekah memadamkan murka Ilahi. Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi. (HR Thabrani dan Ibnu Asakir). Ketiga, sedekah menolak mati dalam keadaan suul khatimah (akhir yang buruk). Akhlak buruk adalah kejelekan, kuat ingatan adalah mengembangkan, dan sedekah menolak mati suul khatimah. (HR al- Baihaqi).

Keempat, sedekah menjadi sebab disembuhkannya penyakit. Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit. (HR Ad-Dailami dari Ibnu Umar).

Kelima, sedekah itu akan mendapatkan keberkahan dalam hidup dan tambahan rezeki, Barang siapa menafkahkan hartanya maka akan diberi keberkahan darinya. Dalam hadis lain disebutkan, Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya. (HR Muslim).

Ramadhan adalah bulan termulia dan utama. Karena itu, bersedekah di bulan ini akan makin berlipat pahala dan keutamaannya. Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan. (HR AtTurmudzi dari Anas).

Di antara keutamaan sedekah pada Ramadhan, antara lain, pertama, Allah SWT menebar rahmat dan ampunan-Nya untuk hamba-hamba-Nya. Barang siapa yang dermawan pada fakir miskin maka Allah akan membalasnya dengan kedermawanan-Nya.

Kedua, berkumpulnya puasa dan sedekah akan memperoleh balasan surga. Sesungguhnya, di surga terdapat ruangan-ruangan yang di dalamnya bisa dilihat dari luar dan luarnya bisa dilihat dari dalam. Ditanyakan kepada beliau, untuk siapakah ruangan-ruangan itu? Rasulullah menjawab, Ruangan itu diperuntukkan bagi orang yang bicaranya baik, memberi makanan, selalu berpuasa, dan shalat malam saat orang-orang tertidur. (HR Ibnu Khuzaimah).

Ketiga, puasa dan sedekah adalah ibadah yang paling hebat dalam menghapuskan dosa dan menjauhkan kita dari neraka. Sedekah itu menghapuskan dosa seperti air memadamkan api. (HR At-Tirmidzi). Sedangkan, puasa membersihkan dosa dan membakarnya. Keempat, sedekah menambah solidaritas sosial antara anggota masyarakat.

Demikian hebatnya keutamaan Sedekah,. Sudah seharusnya kita mempergunakan momentum mulia ini untuk meningkatkan kepedulian kita kepada fakir miskin dan orang-orang tertindas.

Selamat bersedekah, berbagi itu indah, hari hari yang anda lalui akan terasa sia sia jika anda melewatinya tanpa bersedekah.

terimakasih. S

7 Kalimat Yang Menghambat Kemajuan Diri


Published by Rahmat ST on February 4th, 2013 07:57 AM | Berpikir Positif, Pola Pikir 2 inShare
share

Saya Tidak Bisa


Penghambat utama dan paling sering terdengar adalah kalimat Saya tidak bisa. Sungguh aneh sebenarnya mengatakan kalimat ini. Memang dulu waktu masih kecil, apakah Anda bisa baca seperti saat ini membaca artikel ini? Tidak bukan? Tapi sekarang Anda bisa membaca. Artinya yang sekarang Anda tidak bisa, nanti akan bisa jika Anda mau belajar. Tidak ada bayi lahir sebagai pebisnis hebat. Misalnya ada berita: Telah lahir seorang pebisnis hebat Telah lahir seorang penjual ulung Telah lahir seorang pembicara hebat Tidak ada saudara! Yang lahir itu dimana-mana juga seorang bayi, anak laki-laki atau perempuan. Bagaimana pun hebatnya seorang Ibnu Sina, Muhammad Al Fatih, dan siapa pun itu, tetap saja saat lahir tidak bisa apa-apa kecuali yang bisa dilakukan bayi pada umumnya. Saat Anda mengatakan tidak bisa, percayalah semua orang juga pernah tidak bisa. Saya bisa menulis sekarang, karena sejak dulu saya berlatih menulis. Tapi waktu bayi saya tidak bisa menulis. Anda tidak bisa, karena memang belum berlajar dan berlatih. Jadi intinya Anda mau atau tidak? Itu saja!

Saya Lakukan Besok

Jika Bisa Sekarang, Kenapa Besok?

Memang benar koq, saya tidak bisa melakukannya sekarang. Hari ini saya sibuk, jadi saya lakukan besok. OK, tidak masalah, jika memang benar-benar Anda sibuk hari ini sehingga tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Namun yang akan menjadi penghambat adalah saat Anda sebenarnya bisa melakukan sekarang, kemudian Anda mengatakan akan melakukan besok. Siapa yang menjamin Anda bisa melakukan besok? Bisa jadi besok pun Anda akan mengatakan Saya akan lakukan besok. Lusa, Anda akan mengatakan yang sama. Dan seterusnya, sampai Anda tidak melakukan sama sekali. Serius, jika Anda mau maju, Anda harus melakukan apa yang harus Anda lakukan itu sekarang. Saya tegaskan, SEKARANG! Ups, maaf teriak. Kenapa? Saking pentingnya melakukan sekarang. Jika Anda melakukan sekarang apa yang seharusnya Anda lakukan, Anda akan menciptakan momentum dan sangat berharga untuk keberhasilan Anda.

Jika Itu Benar-benar Penting, Kenapa Nunggu Besok?


Jika ada sebuah tindakan sangat penting yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Maka lakukan sekarang, jangan ditunda-tunda. Tapi bener koq, saya tidak bisa melakukannya sekarang. Saya banyak kesibukan yang lain. Itu artinya, Anda menganggp pekerjaan ini tidak penting sehingga harus dilakukan besok. Itu adalah keputusan Anda. Serius, Anda menganggap tidak penting. Yang sedang saya bicarakan adalah tindakan yang benar-benar penting untuk kemajuan Anda, harus dilakukan sekarang. Jika menurut Anda bisa dilakukan besok, artinya itu tidak penting. Itu saja!

Saya Belum Nyaman


Serius, saya kasih tahu rahasianya, bahwa orang-orang yang sukses adalah mereka mau melakukan sesuatu yang tidak nyaman. Jika tidak, mereka akan terus berada di zona nyaman. Saat anda mengatakan belum nyaman, tidak sreg, belum terbuka hati, dan kata-kata sejenisnya, artinya Anda masih betah di zona nyaman. Serius, ini pengalaman pribadi saya. Saat saya hanya betah melakukan pekerjaan yang bisa dan biasa saja, saya tidak mengalami kemajuan yang berarti. Sekali saya mengubah, bahkan tidak nyaman sama sekali, maka kemajuan saya dapatkan. Begitu juga dengan Anda, cobalah berpikir untuk melakukan hal baru, selama itu untuk kemajuan Anda, meski pun itu tidak nyaman. Sesuatu yang baru atau pertama kali dilakukan adalah tidak nyaman. Pada awalnya, berbicara di depan umum itu tidak nyaman. Gemetaran dan dag dig dug. Namun saya harus melakukan untuk kemajuan saya. Saya paksakan meski pun tidak nyaman. Saya ingat saat berlatih public speaking. Saya masuk ke sebuah bus damri yang penuh, berisi mahasiswa, mahasiswi, dan penumpang lainnya, kemudian saya memberikan ceramah

motivasi. Rasanya sangat tidak nyaman. Tapi setelah itu, berbicara di depan umum menjadi hal yang bisa dan nyaman-nyaman saja. Rasa tidak nyaman hanya ada di awal, selanjutnya akan biasa. Menjual juga sama, sangat tidak nyaman. Namun jika sudah biasa, menjadi nyaman-nyaman saja. Jadi jangan menunggu nyaman, Anda akan nyaman jika MAU melalui ketidaknyaman itu.

Saya Masih Bingung


Ini juga yang sering saya dengar dan baca: Pak, sebenarnya saya mau bisnis tapi masih bingung apa yang harus saya lakukan. Saya juga sama, saat saya memasuki dunia yang baru, bisnis yang baru, termasuk pekerjaan yang baru, pada awalnya saya bingung. Begitu juga saat bekerja, pada awalnya bingung. Saat Anda datang ke kantor pertama kali, kita tidak tahu apa yang akan dilakukan nanti di kantor. Kemudian atasan atau penyelia kita akan membimbing kita, dan kita akhirnya mengetahui apa yang akan kita ketahui. Bagaimana dengan bisnis? Sama saja. Mungkin akan bingung di awal, namun mulailah berjalan, Anda pun akan menemukan jalan. Ilustrasi yang bagus adalah lampu mobil yang hanya bisa menerangi jalan beberapa meter saja, namun setelah berjalan bisa menerangi seluruh jalan, sampai ratusan kilometer sekali pun. Silahkan baca pada artikel Anda Akan Menemukan Jalan Sukses

Saya Takut Kecewa


Jika Anda takut kecewa kemudian Anda tidak melakukan apa-apa, sebenarnya Anda sedang menanti kekecewaan yang lebih besar lagi dimasa mendatang. Saat Anda bertindak, mungkin berhasil, mungkin juga tidak. Namun jika Anda tidak bertindak, Anda pasti gagal. Saat Anda tidak bertindak, sebenarnya Anda SUDAH gagal. Lalu kenapa tidak kecewa? Karena Anda tidak menyikapinya sebagai kegagalan. Padahal, jelas-jelas kegagalan. Artinya, kecewa atau tidak kecewa itu bukan karena gagal atau tidak gagal, tetapi bagaimana Anda menyikapinya. Padahal, jika kita kaji lebih jauh, justru kegagalan sebenarnya saat Anda menyerah, tidak bertindak. Saat Anda mencoba, Anda sebenarnya tidak akan pernah gagal. Silahkan baca pembahasannya di artikel Adakah Gagal Itu?

Sudah Terlambat
Tidak ada kata terlambat. Allah saja masih memberikan umur kepada kita. Allah masih memberikan kesempatan kepada kita. Kenapa kita berani-beraninya mengatakan sudah terlambat? Terlambat itu saat ajal menjemput namun kita belum bertaubat. Untuk bisnis, untuk karir, dan untuk pengembangan diri, tidak ada kata terlambat. Jika kita mengatakan sudah terlambat, karena kita berpikir sempit. Bukalah mata, harapan itu masih ada sebagaimana saya bahas pada artikel Bukalah Mata, Hati, dan Pikiran Anda Harapan Itu Masih Ada.

Saya Sudah Melakukan Yang Terbaik


Kata siapa sudah terbaik? Kata Anda sendiri? Belum, kalau Anda mau belajar lagi metode-metode yang lebih baik. Kalau Anda mau berlatih sehingga keterampilan Anda meningkat. Maka Anda bisa melakukan yang lebih baik lagi. Anda harus memberikan peluang pada diri Anda, bahwa Anda masih bisa melakukan yang lebih baik. Tahukah Anda, para juara dunia itu, apa pun bidangnya, mereka selalu berlatih untuk meningkatkan kemampuan? Sungguh aneh, juara dunia saja bukan tetapi mengatakan sudah melakukan yang terbaik. Anda bisa mencapai penghasilan revolusioner jika Anda mau membuka diri, yaitu membuang anggapan bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik. Silahkan baca selengkapnya pada ebook Revolusi Waktu. Kesimpulan: Buang semua kalimat yang menghambat kemajuan diri Anda, sekarang!

Motivasi Belajar
Published by Rahmat ST on July 21st, 2008 11:30 PM | Inspirasi, Motivasi Belajar 1 inShare
share

Motivasi Belajar Adalah Kunci Sukses


Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika Anda ingin lebih sukses dibanding pencapaian Anda saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar. Hanya dengan belajarlah Anda akan berkembang dan menjadi lebih baik. Jadi untuk mengukur sejauh mana Anda bisa berkembang ialah dengan mengukur sejauh mana motivasi belajar Anda. Bagaimana meningkatkan motivasi untuk belajar?

Meningkatkan Motivasi Belajar

Mengenali Penghambat Motivasi Belajar


Kita harus mengenal terlebih dahulu, apa saja yang melemahkan motivasi belajar. Seringkali semua ini hanyalah mitos belaka. Suatu keyakinan negatif yang meracuni diri kita sehingga malas belajar atau tidak memiliki motivasi belajar. Berikut adalah beberapa mitos tersebut:
1. Ah Teori! Banyak orang yang tidak mau belajar karena mereka tidak suka teori. Menurut mereka teori tidak penting, yang penting adalah praktek. Betul, tidak salah sama sekali. Sehebat apa pun teori yang Anda miliki jika tidak diiringi praktek, maka semuanya akan percuma. Namun saat Anda langsung praktek, maka Anda tetap saja akan belajar, yaitu belajar pada pengalaman Anda sendiri. Anda mungkin akan mencoba-coba mencari yang benar. Belajar kepada pengalaman orang lain yang sudah lebih dulu sukses adalah untuk mengurangi coba-coba Anda, sehingga Anda akan lebih cepat untuk berhasil. Teori saja memang salah. Langsung praktek bisa sering salah. Teori ditambah praktek adalah yang terbaik. Belajarlah.

2. Saya sudah tua, sulit untuk belajar. Tidak ada kata terlalu tua untuk belajar. Kesulitan belajar karena Anda sendiri yang menghentikan belajar sehingga pola pikir kita menjadi berubah, dari pola pikir belajar menjadi pola pikir yang tertutup. Saat kualiah saya melihat banyak dosen yang sudah senior masih tetap membeli buku dan belajar. Mereka sudah tua tetapi masih belajar karena mereka biasa belajar. Jika Anda merasa sulit belajar, biasakanlah belajar meskipun sedikit demi sedikit sampai Anda terbiasa lagi belajar. 3. Tidak ada waktu. Jika Anda sudah membaca ebook saya Seni Mengelola Waktu, maka Anda tidak akan lagi mengatakan bahwa tidak ada waktu. Alasan tidak ada waktu hanya ilusi belaka. Semua orang memiliki waktu, tetapi mengapa orang lain bisa tetapi Anda tidak? Bukan waktu yang menjadi masalah, tetapi pilihan Anda. Apakah Anda mau memprioritaskan belajar atau tidak?

Apa Manfaat Belajar Buat Saya?


Setelah Anda memahami apa saja yang menjadi penghambat motivasi belajar kemudian menyingkirkan semua penghambat tersebut, maka langkah selanjutnya ialah Anda harus membangkitkan energi yang menggerakan Anda untuk belajar. Inilah yang menjadi motivasi belajar Anda. Tanyakan pada diri Anda: Apa manfaatnya jika saya belajar? Tadi sudah disebutkan diatas, belajar adalah pengembangan diri. Dengan belajar Anda akan menjadi lebih baik. Coba renungkan, apa yang Anda dapatkan jika:
1. Anda bisa melakukan ibadah lebih baik? 2. Anda bisa melakukan pekerjaan (jika Anda seorang karyawan) dengan cara lebih baik dan lebih berkualitas? 3. Anda bisa memasarkan produk atau jasa Anda dengan lebih baik (jika Anda seorang penjual atau pebisnis)? 4. Anda bisa mendidik anak dengan lebih baik? 5. Dan masih banyak yang lainnya.

Jawaban pertanyaan-pertanyaan diatas adalah motivasi belajar Anda. Apa pun yang Anda lakukan dengan lebih baik akan membawa kebaikan pada diri Anda. Anda hanya bisa melakukan sesuatu dengan cara lebih baik dengan cara belajar. Pengalaman? Tidak, meski Anda memiliki pengalaman puluhan tahun, Anda tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan cara lebih baik jika Anda tidak mengambil hikmah (belajar) dari pengalaman sebelumnya. Kuncinya adalah belajar baik dari pengalaman sendiri maupun dari pengalaman orang lain. Pengalaman atau praktek orang lain dituliskan dan disusun secara sistematis, maka jadilah sebuah teori. Oleh karena itu, silahkan renungkan apa saja manfaat jika Anda melakukan hal-hal diatas lebih baik. Baik dalam bidang agama, pekerjaan, pendidikan, bisnis, dan apa pun yang Anda lakukan dengan lebih baik, maka semuanya akan kembali kepada Anda. Anda akan menjadi lebih baik.

Belajar Adalah Kunci Keluar Dari Masalah

Satu lagi agar Anda memiliki motivasi belajar yang tinggi adalah kesadaran bahwa kemauan belajar Anda adalah kunci agar Anda bisa keluar dari masalah. Saat Anda sedang menghadapi masalah berat, maka Anda harus belajar agar bisa mengatasi masalah berat tersebut. Jika Anda melihat sebuah masalah sangat besar, penyebabnya karena diri Anda begitu kecil. Artinya mental Anda ciut, kemampuan Anda yang minim, wawasan yang sempit, dan keterampilan yang rendah. Artinya Anda harus memperbesar diri Anda sehingga masalah tidak lagi terlihat besar. Caranya adalah dengan belajar. Yup, tidak ada cara lain. Bukan mengeluh, bukan menyalahkan orang lain, dan bukan pula penyalahkan lingkungan. Saya rasa manfaat kebaikan bagi diri Anda dan juga kemampuan Anda menghadapi semua masalah adalah sudah sangat cukup menjadi motivasi untuk belajar dan tetap belajar. Termasuk, saat motivasi belajar anak Anda kurang, maka Anda harus belajar bagaimana cara memotivasi anak. Tetaplah memiliki motivasi belajar!

Keajaiban Al Quran dan Ilmu Pengetahuan


Benar kiranya jika Al Quran disebut sebagai mukjizat. Bagaimana tidak, ternyata ayat -ayat Al Quran yang diturunkan di abad ke 7 masehi di mana ilmu pengetahuan belum berkembang (saat itu orang mengira bumi itu rata dan matahari mengelilingi bumi), sesuai dengan ilmu pengetahuan modern yang baru-baru ini ditemukan oleh manusia. Sebagai contoh ayat di bawah: Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? [Al Anbiyaa:30] Saat itu orang tidak ada yang tahu bahwa langit dan bumi itu awalnya satu. Ternyata ilmu pengetahuan modern seperti teori Big Bang menyatakan bahwa alam semesta (bumi dan langit) itu dulunya satu. Kemudian akhirnya pecah menjadi sekarang ini. Kemudian ternyata benar segala yang bernyawa, termasuk tumbuhan bersel satu pasti mengandung air dan juga membutuhkan air. Keberadaan air adalah satu indikasi adanya kehidupan di suatu planet. Tanpa air, mustahil ada kehidupan. Inilah satu kebenaran ayat Al Quran. Tatkala merujuk kepada matahari dan bulan di dalam Al Quran, ditegaskan bahwa masingmasing bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu. Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (Al Quran, 21:33) Disebutkan pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, tetapi bergerak dalam garis edar tertentu: Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Al Quran, 36:38) Semoga kita senantiasa mendapat hidayah dari Allah. Amiin.

Keajaiban Al Qur'an dan Ilmu Pengetahuan


Posted by Hotib on 05:10 PM, 28-Mar-13 Under: pengetahuan

Benar kiranya jika Al Qur'an disebut sebagai mukjizat. Bagaimana tidak, ternyata ayat-ayat Al Qur'an yang diturunkan di abad ke 7 masehi di mana ilmu pengetahuan belum berkembang (saat itu orang mengira bumi itu rata dan matahari mengelilingi bumi), sesuai dengan ilmu pengetahuan modern yang baru-baru ini ditemukan oleh manusia. Sebagai contoh ayat di bawah: "Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" [Al Anbiyaa:30] Saat itu orang tidak ada yang tahu bahwa langit dan bumi itu awalnya satu. Ternyata ilmu pengetahuan modern seperti teori Big Bang dan teori ilmiah lainnya menyatakan bahwa alam semesta (bumi dan langit) itu dulunya satu. Kemudian akhirnya pecah menjadi sekarang ini. Kemudian ternyata benar segala yang bernyawa, termasuk tumbuhan bersel satu pasti mengandung air dan juga membutuhkan air. Keberadaan air adalah satu indikasi adanya kehidupan di suatu planet. Tanpa air, mustahil ada kehidupan. Inilah satu kebenaran ayat Al Qur'an. Tatkala merujuk kepada matahari dan bulan di dalam Al Qur'an, ditegaskan bahwa masing-masing bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu. "Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." (Al Qur'an, 21:33) Disebutkan pula dalam ayat yang lain bahwa matahari tidaklah diam, tetapi bergerak dalam garis edar tertentu: "Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui." (Al Qur'an, 36:38) Langit yang mengembang (Expanding Universe) Dalam Al Qur'an, yang diturunkan 14 abad silam di saat ilmu astronomi masih terbelakang, mengembangnya alam semesta digambarkan sebagaimana berikut ini: "Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." (Al Qur'an, 51:47) Menurut Al Qur'an langit diluaskan/ mengembang. Dan inilah kesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini. Menurut Stephen Hawkings dengan teori Big Bang, sejak terjadinya peristiwa Big Bang, alam semesta telah mengembang secara terus- menerus dengan kecepatan maha dahsyat. Teori lain seperti Inflationary juga berpendapat jagad raya terus berkembang. Para ilmuwan menyamakan peristiwa mengembangnya alam semesta dengan permukaan balon yang sedang ditiup. Hingga awal abad ke-20, satu- satunya pandangan yang umumnya diyakini di dunia ilmu pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak dahulu kala tanpa permulaan. Namun, penelitian, pengamatan, dan perhitungan yang dilakukan dengan teknologi modern, mengungkapkan bahwa alam semesta sesungguhnya memiliki permulaan, dan ia terus- menerus "mengembang". Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia, Alexander Friedmann, dan ahli kosmologi Belgia, George Lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan mengembang. Fakta ini dibuktikan juga dengan menggunakan data pengamatan pada tahun 1929. Ketika mengamati langit dengan teleskop, Edwin Hubble, seorang astronom Amerika, menemukan bahwa bintangbintang dan galaksi terus bergerak saling menjauhi. Gunung yang Bergerak "Dan kamu lihat

gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan." [QS 27:88] 14 abad lampau seluruh manusia menyangka gunung itu diam tidak bergerak. Namun dalam Al Qur'an disebutkan gunung itu bergerak. Gerakan gunung-gunung ini disebabkan oleh gerakan kerak bumi tempat mereka berada. Kerak bumi ini seperti mengapung di atas lapisan magma yang lebih rapat. Pada awal abad ke-20, untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang ilmuwan Jerman bernama Alfred Wegener mengemukakan bahwa benua-benua pada permukaan bumi menyatu pada masa-masa awal bumi, namun kemudian bergeser ke arah yang berbeda-beda sehingga terpisah ketika mereka bergerak saling menjauhi. Para ahli geologi memahami kebenaran pernyataan Wegener baru pada tahun 1980, yakni 50 tahun setelah kematiannya. Sebagaimana pernah dikemukakan oleh Wegener dalam sebuah tulisan yang terbit tahun 1915, sekitar 500 juta tahun lalu seluruh tanah daratan yang ada di permukaan bumi awalnya adalah satu kesatuan yang dinamakan Pangaea. Daratan ini terletak di kutub selatan. Sekitar 180 juta tahun lalu, Pangaea terbelah menjadi dua bagian yang masing-masingnya bergerak ke arah yang berbeda. Salah satu daratan atau benua raksasa ini adalah Gondwana, yang meliputi Afrika, Australia, Antartika dan India. Benua raksasa kedua adalah Laurasia, yang terdiri dari Eropa, Amerika Utara dan Asia, kecuali India. Selama 150 tahun setelah pemisahan ini, Gondwana dan Laurasia terbagi menjadi daratan- daratan yang lebih kecil. Benua-benua yang terbentuk menyusul terbelahnya Pangaea telah bergerak pada permukaan Bumi secara terus-menerus sejauh beberapa sentimeter per tahun. Peristiwa ini juga menyebabkan perubahan perbandingan luas antara wilayah daratan dan lautan di Bumi. Pergerakan kerak Bumi ini diketemukan setelah penelitian geologi yang dilakukan di awal abad ke-20. Para ilmuwan menjelaskan peristiwa ini sebagaimana berikut: Kerak dan bagian terluar dari magma, dengan ketebalan sekitar 100 km, terbagi atas lapisan-lapisan yang disebut lempengan. Terdapat enam lempengan utama, dan beberapa lempengan kecil. Menurut teori yang disebut lempeng tektonik, lempenganlempengan ini bergerak pada permukaan bumi, membawa benua dan dasar lautan bersamanya. Pergerakan benua telah diukur dan berkecepatan 1 hingga 5 cm per tahun. Lempengan- lempengan tersebut terus-menerus bergerak, dan menghasilkan perubahan pada geografi bumi secara perlahan. Setiap tahun, misalnya, Samudera Atlantic menjadi sedikit lebih lebar. (Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; General Science, Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 30) Ada hal sangat penting yang perlu dikemukakan di sini: dalam ayat tersebut Allah telah menyebut tentang gerakan gunung sebagaimana mengapungnya perjalanan awan. (Kini, Ilmuwan modern juga menggunakan istilah "continental drift" atau "gerakan mengapung dari benua" untuk gerakan ini. (National Geographic Society, Powers of Nature, Washington D.C., 1978, s.12-13) Tidak dipertanyakan lagi, adalah salah satu kejaiban Al Qur'an bahwa fakta ilmiah ini, yang barubaru saja ditemukan oleh para ilmuwan, telah dinyatakan dalam Al Qur'an. "Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan dan Kami turunkan hujan dari langit lalu Kami beri minum kamu dengan air itu dan sekali kali bukanlah kamu yang menyimpannya." (Al Qur'an, 15:22) Ramalan Kemenangan Romawi atas Persia "Alif, Lam, Mim. Telah dikalahkan bangsa Romawi, di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang)." (Al Qur'an, 30:1-4) Ayat-ayat ini diturunkan kira-kira pada tahun 620 Masehi, hampir tujuh tahun setelah kekalahan hebat Bizantium Kristen di tangan bangsa Persia, ketika Bizantium kehilangan Yerusalem. Kemudian diriwayatkan dalam ayat ini bahwa Bizantium dalam waktu dekat menang. Padahal, Bizantium waktu itu telah menderita kekalahan sedemikian hebat hingga nampaknya mustahil baginya untuk mempertahankan keberadaannya sekalipun, apalagi merebut kemenangan kembali. Tidak hanya bangsa Persia, tapi juga bangsa Avar, Slavia, dan Lombard menjadi ancaman serius bagi Kekaisaran Bizantium. Bangsa Avar telah datang hingga mencapai dinding batas Konstantinopel. Kaisar Bizantium, Heraklius, telah

memerintahkan agar emas dan perak yang ada di dalam gereja dilebur dan dijadikan uang untuk membiayai pasukan perang. Banyak gubernur memberontak melawan Kaisar Heraklius dan dan Kekaisaran tersebut berada pada titik keruntuhan. Mesopotamia, Cilicia, Syria, Palestina, Mesir dan Armenia, yang semula dikuasai oleh Bizantium, diserbu oleh bangsa Persia. (Warren Treadgold, A History of the Byzantine State and Society, Stanford University Press, 1997, s. 287-299.)

5 Bukti Dahsyat Keajaiban Al-Quran


Published 25 January 2013 Philosophy , SUPLEMENT , Viewpoint 1 Comment Tags: Al-Qur'an, Harun Yahya, Ilmu Hikmah, Malaikat Jibril, Nabi Muhammad

Mukjizat Al-quran sungguh tiada tandingannya. Kitab suci umat Islam ini adalah kitab yang diturunkan dari langit dan menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya. Al-quran sebagai pedoman hidup umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsurangsur melalui perantara malaikat Jibril. Al-quran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mukjizat ini menjadi tuntunan hidup umat Islam dalam menjalankan kehidupan di dunia. Segala permasalahan dan solusi hidup manusia tercantum dalam Al-quran. Beberapa Kemukjizatan Al-quran 1. Al-quran Sumber Segala Hukum Salah satu kemukjizatan Al-quran adalah sumber segala hukum. Al-quran memuat berbagai aturan-aturan atau perundang-undangan bagi kebahagiaan hidup manusia. Baik di dunia maupun di akhirat. Al-quran adalah sumber hukum utama umat Islam. Hukum-hukum atau aturan-aturan itu mencakup segala aspek kehidupan manusia. Mulai dari dimensi ritual, sosial, pendidikan, pemerintahan, perniagaan, dan lain-lain. 2. Al-quran Terjaga Keasliannya Al-quran adalah salah satu kitab suci yang terjaga keasliannya sampai hari kiamat. Ayat-ayat Al-quran, sejak diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, redaksinya masih tetap sama sampai sekarang. Al-quran senantiasa terjaga keasliannya karena Al-quran adalah kalam Illahi. Inilah sebagai salah satu bukti kemukjizatan Al-quran. Ada banyak buku yang membahas tentang Bagaimana Keaslian Wahyu Tuhan terakhir di jaga. Salah satu buku yang menurut saya sangat bagus yaitu buku yang berjudul The History of The Quranic Text, Penulisnya Prof. Dr. M.M al Azami, juga buku MATEMATIKA ALAM SEMESTA, Penulisnya Arifin Muftie. 3. Al-quran Memuat Ilmu Pengetahuan Di antara bukti kemukjizatan lainnya, Al-quran adalah sumber ilmu pengetahuan. Al-quran memuat pengetahuan di masa lampau maupun di masa yang akan datang. Para ahli, baik dari kalangan muslim maupun nonmuslim, berlomba untuk mengkaji dan menggali sumbersumber ilmu pengetahuan dalam Al-quran. Al-quran sudah menjelaskan tentang bagaimana proses penciptaan alam semesta dan berbagai seluk beluk kehidupan di bumi. Pengetahuan semacam ini belum terjangkau pada zaman Rasulullah. Namun, kini para ilmuwan sudah membuktikan kebenaran Al-quran. Ilmu dan teknologi dalam Al-quran selangkah lebih maju dibandingkan penemuan-penemuan para ahli di zaman modern ini. Hal ini membuktikan bahwa Al-quran adalah kitab yang memiliki kemukjizatan luar biasa. Al-quran saja begitu luar biasa, apalagi pencipta alam semesta ini? Subhanallah.

Saya menemukan website bagus tentang Bukti Mukjizat Al-Quran dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yaitu websitenya Harun Yahya, Silahkan di akses pada http://www.harunyahya.com. Didalam website terdapat banyak sekali Video dan Ebook yang dapat di download gratis untuk siapa saja. 4. Al-quran Memiliki Bahasa yang Indah Sudah tidak diragukan lagi kehebatan Al-quran. Di samping sebagai sumber segala hukum dan ilmu pengetahuan, Al-quran juga memiliki bahasa yang indah. Bahasa Al-quran begitu puitis. Al-quran bukan kitab puisi atau sastra. Namun, keindahan bahasanya tiada tara. Masyarakat Arab pada zaman jahiliyah senang membuat syair. Syair-syair yang memiliki nilai puitis dan penuh hikmah akan dipajang di Kabah. Oleh karena itu, orang Arab sering berlomba membuat syair. Dengan alasan itu, Al-quran diturunkan pada bangsa Arab yang gemar membuat syair. Keindahan bahasa Al-quran mengalahkan semua syair-syair pada masa itu. Selain susunan bahasanya, Al-quran juga sangat indah pada saat dilantunkan. Keindahan lantunan ayat-ayat Al-quran dapat menenangkan hati yang membaca maupun yang mendengarnya. Kita dapat mendengar Keindahan Bahasa Al-Quran yang dibacakan oleh Qory Internasional, dapat di dengar melalui website http://quran.com/. Kita dapat mendownload file Audio berformat Mp3 secara gratis. 5. Al-quran Sumber Kebaikan dan Hikmah Orang yang belajar membaca Al-quran walaupun terbata-bata akan mendapat pahala. Apalagi jika bacaannya tartil. Al-quran mengandung banyak hikmah. Di samping itu, Al-quran juga dapat dijadikan obat (pelipur) bagi hati yang sedang gundah gulana.

Ayat-Ayat Motivasi Dalam Al-Quran


Diposkan oleh Muhammad Iqbal | Kamis, 31 Mei 2012 at 06.54 0 komentar Labels : Artikel Pilihan Seputar Dunia Islam

Al-Quran sebagai mujizat terbesar yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Selain terdapat berbagai macam ilmu pengetahuan di dalamnya (Psikologi, Astronomi, Biologi, Ekonomi, Politik, dll) ternyata ayat-ayat dalam Al-Quran juga bisa menjadi motivasi.

Terdapat ayat-ayat motivasi di dalamnya yang dapat menghibur kita disaat mendapat duka, bencana, ataupun sekedar untuk penambah semangat dalam keseharian kita

Semoga bermanfaat
--------------------------------------------

Dan apabila kamu menghitung nimat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menghitungnya (Q.S. Ibrahim: 34) Apabila kamu bersyukur niscaya akan Aku tambahkan nikmat-Ku, dan apabila kamu kufur maka adzab-Ku sangat pedih (Q.S. Ibrahim:7) Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri (Q.S. Ar-Rad:11) Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui (Q.S. Al-Baqarah:216) Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman. (Q.S. AlImran: 139) Dan janganlah kamu berputus asa daripada rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa daripada rahmat Allah melainkan orang-orang yang kufur. (Q.S. Yusuf: 87) Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (Q.S. AlBaqarah: 286) Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (Q.S. Al-Insyirah: 5-6) Wahai orang-orang yang beriman mintalah pertolongan melalui Sabar dan Shalat, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Dan benar-benar akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, dan kekurangan buah-buahan, dan berilah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar, (yaitu) yang apabila mereka tertimpa musibah mereka mengatakan Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami kembali (Q.S. AlBaqarah: 155-156)

Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan yang hingga apabila datang ajal seseorang di antara mereka, barulah ia mengatakan: Sesungguhnya saya bertaubat sekarang. Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih. (Q.S. An-Nisa: 17-18) Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya (Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)

Description: Ayat-Ayat Motivasi Dalam Al-Quran Rating: 5 Reviewer: Muhammad Iqbal ItemReviewed: Ayat-Ayat Motivasi Dalam Al-Quran

Terhormat Bapak/Ibu Guru Yang Terhormat Teman-Teman yang sama Berbahagia

Assalamu Alaikum Wr. Wb. .

. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena Atas karunianyalah kita dapat berkumpul ditempat yang penuh dengan cahaya ilmu pengetahuan. Serta tidak lupa kita panjatkan shalawat serta salami la habibina Muhammad SAW yang telah membimbing kita sehingga kita dapat beranjak dari zaman jahiliah ke zaman pengetahuan seperti saat ini.

Dan yang terakhir saya berterima kasih kepada moderator yang telah memberikan saya kesempatan untuk berceramah sepatah dua patah kata yang berjudul PENTINGNYA ILMU PENGETEHUAN DALAM ISLAM Maasyiral muslimin rahimakumullah

Berbicara mengenai ajaran islam mengenai pendidikan marilah kita memperhatikan Firman Allah dalam surat Al-Mujadilah ; 11 yang berbunyi : Artinya : Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu sebanyak beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yag kamu kerjakan. (Q.S. Al-Mujadilah : 11)

Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa : 1. Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman, yang tentunya bukan hanya iman dalam hati tapi juga iman dalam perbuatan. Sebab dalam Al-Quran, Iman dan amal sholeh adalah ayat muqoronah atau dua ayat yang bersamaan. Artinya seakan-akan iman tanpa amal shaleh tidak sah, Begitu juga sebaliknya. Dalam arti ada orang yang berbuat baik tetapi ia bukan orang mukmin maka nanti perbuatan baiknya ituridak akan diterima disisi Allah SWT dan bagaikan debu yang ditebarkan kedalam tanah (Habaan Mantsura) 2. Mengangkat derajat orang yang berilmu. Misalnya saja hingga saat ini kita masih mengenang Al-Ghazali, Ibnu Shina, dan Ilmuan islam lainnya.

Dari 2 kesimpulan tadi dapat kita ambil suatu hikmah atau pelajaran bahwa betapa penting islam menuntut kita dalam menuntut ilmu.

Saudara-Saudara dan Seperjuangan dalam menuntut ilmu.

Manusia tidak pernah lepas dari kewajiban menuntut ilmu pengetahuan, sejak manusia, akhir sampai memasusi liang lahat sehingga pentingnya menuntut ilmu dibuktikan oleh perkataan. Nabi SAW bersabda : Utlubul ilmi minal mahdi ilal lahdi Artinya : Tuntutlah Ilmu dari Buaian hingga liang lahat.

Dan karena Pentingnya Ilmu dalam islam maka ada pepatah islam yang mengatakan Uthlubil ilma wa law bissyina tuntutlah ilmu walau harus kenegri cina.

Saat ini sudah sangat jarang orang yang ikhlas dan bersungguh-sungguh dalam mengajar suatu ilmu pengetahuan. Tidakkah kita prihatin atas hal tersebut?...!!!. Seharusnya kita memberikan penghargaan dan mencontohi tokoh-tokoh seperti Ki Hajar Dewantoro dan berbagai tokoh pendidikan lainnya yang telah senantiasa menyebarluaskan dan berbagi ilmu kepada orang-orang disekitarnya. Yang dimana usaha tersebut bermanfaat bagi dirinya dan juga bagi orang-orang disekitarnya. Hal seperti itu sangat mulia disisi Allah. sesuai dengan Sabda Rasulullah yang memberikan pahala kepada orang yang member petunjuk tentang kebajikan sesuai orang yang yang melakuan kebajikan tersebut. Hadist tersebut artinya : Barang Siapa yang memberikan petuntuk atas kebaikan maka dia dapat pahala seperti orang yang melakukan kebaikan itu. (muslim).

Teman-teman yang saya banggakan. Sehubungan dengan saat ini kita telah berada di tempat yang secara hakiki adalah tempat menuntut ilmu. Marilah kita bersungguh-sungguh dalam menggali ilmu yang ada didalamnya. Agar kita dapat menjadi generasi penerus yang dapat menbagun bangsa kita kearah yang jauh lebih baik daripada saat ini. Setidaknya ilmu dapat membantu dalam menerangi setiap kehidupan, baik dunia ataupun kehidupan Akhirat kelak. Sesuai sabda rasulullah yang Artinya : Barang siapa yang menghendaki Kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, Barang siapa yang menhendaki kehidupan di Akhirat, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya maka ia harus memiliki ilmu.

Saudara-saudariku yang seagama. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan petunjuk dan inayahnya kepada kita semua agar kita dapat melaksanakan amanah menuntut ilmu yang diberikan-Nya kepada kita. Sehingga, kita dapat melanjutkan perjuangan Menyiarkan Ilmu pengetahuan kepada Setiap orang. Dan mudah-mudahan kita adalah orang yang diberikan petunjuk. Amin, amin ya rabbal Alamin. Assalamu Alaikum Wr. Wb.