Sunteți pe pagina 1din 8

BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Inti kegiatan Desa Siaga adalah memberdayakan masyarakat agar maudan mampu untuk hidup sehat. Maka dalam pengembangannya diperlukan langkah langkah pendekatan edukatif, yaitu upaya mendampingi (memfasilitasi) masyarakat untuk menjalani proses pembelajaran yang berupa proses pemecahan masalah-masalah kesehatan yang di hadapinya. dikaji berbagai kegiatan bersumber ntuk menuju Desa Siaga perlu masyarakat yang ada daya

(!osyandu,!olindes, !os "bat Desa, Dana Sehat, Desa Siap-#ntar-$aga, #mbulan Desa, dll). %onsep Desa Siaga, dimana salah satu indikatornya adalah meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. #&alnya program ini dalam suatu Desa Siaga akan dapat menggambarkan suatu masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gi'i, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan %ejadian (uar )iasa (%()), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain, dengan memanfaatkan potensi setempat, secara gotong royong. *amun, dalam kenyataan nya, masih banyak kejadian kega&at daruratan khususnya pada ibu dan anak yang mengalami keterlambatan penanganan disebabkan kurang tanggapnya dan kesiagaan masyrakat di bidang transportasi menuju sarana kesehatan sehingga angka kematian masih tinggi di masyarakat. Salah satu upaya pencegahannya yaitu dengan program ambulan desa yang mampu membantu masyarakat dalam menanggulangi kega&at daruratan dan keselamatan ibu dan anak secara aman dan cepat.

B. Tujuan +. ,ujuan mum Membantu mempercepat penurunan #%I karena hamil, nifas dan melahirkan. -. ,ujuan %husus a. ntuk mengidentifikasi pentingnya dan tujuan ambulan desa b. ntuk mengidentifikasi unsur-unsur perencanaan ambulan desa

BAB II PEMBAHASAN A. Pengantar (etak tempat tinggal yang jauh dari fasilitas kesehatan dan sulit di jangkau, serta ketiadaan biaya untuk mencapai fasilitas kesehatan merupakan masalah di sebagian besar daerah di Indonesia. ,ujuan pengorganisasian ambulan desa adalah memfasilitasi ibu hamil yang perlu diba&a atau dirujuk ke pelayanan kesehatan seperti bidan. !uskesmas. /umah sakit. Mekanisme pengorganisasian ambulan desa di sesuaikan dengan kondisi atau kesepakatan masing-masing daerah. %epala Desa. %elurahan bersama satgas 0SI di desa.kelurahan1 +. Mengin2entaris kendaraan di desa yang dapat diikutsertakan. -. Membuat jad&al pendayagunaan kendaraan untuk memba&a pasien. 3. Mencari dukungan dana dari pengusaha setempat untuk biaya operasional. #mbulan desa tidak harus berupa mobil ambulan, tetapi dapat berupa alat transportasi lain yang dapat memba&a ibu hamil ke tempat pelayanan kesehatan,seperti becak milik &arga. B. Definisi Ambulan Desa +.#mbulans desa adalah mobil milik &arga yang secara sukarela disiagakan untuk membantu ibu hamil yang telah tiba masa persalinannya atau ibu hamil yang diharuskan untuk memeriksakan diri ke fasilitas yang lebih memadai dari apa yang ada di tempat ia tinggal. -. #mbulan desa adalah salah satu bentuk semangat gotong royong dan saling peduli sesama &arga desa dalam sistem rujukan dari desa ke unit rujukan kesehatan yang berbentuk alat transportasi. 3. #mbulan desa adalah suatu alat transportasi yang dapat digunakan untuk mengantarkan &arga yang membutuhkan pertolongan dan pera&atan ditempat pelayanan kesehatan.

C. Tujuan Ambulan Desa +. ,ujuan mum Mempercepat pelayanan kega&at daruratan masa+ah kesehatan, bencana serta kesiap siagaan mengatasi masalah kesehatan yang terjadi atau mungkin terjadi. -. ,ujuan %husus Membantu mempercepat penurunan #%I karena hamil, nifas dan melahirkan.

D. Sasaran Ambulan Desa !ihak-pihak yang berpengaruh terhadap perubahan perilaku indi2idu dan keluarga yang dapat menciptakan iklim yang kondusif terhadap perubahan perilaku tersebut. Semua indi2idu dan keluarga yang tanggap dan peduli terhadap permasalahan kesehatan dalam hal ini kesiap siagaan memenuhi sarana transportasi sebagai ambulan desa. E. riteria Ambulan Desa +. %endaraan yang bermesin yang sesuai standart ( mobil sehat ). -. Mobil pribadi, perusahaan, pemerintah pengusaha. 3. "*(I*4 (siap pakai)

!. In"ikat#r Pr#ses Pembentukan Ambulan Desa

+. #da forum kesehatan yang aktif -.0erakan bersama atau gotong royong oleh masyarakat dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana serta kega&at daruratan kesehatan dengan pengendalian faktor resikonya. 3. %)M berkualitas (misalnya posyandu) 5. !engamatan dan pemantauan masalah kesehatan 6.!enurunan kasus masalah kesehatan bencana atau kega&at daruratan kesehatan $. Pengel#laan Ambulan Desa #mbulan desa dikelola oleh masyarakat sendiri baik termasuk toma, toga,dan forum masyarakat lainnya dimana sasarannya adalah &arga yang memiliki kendaraan.alat transportasi serta siap bersiaga dalam jad&al yang ditentukan(setiap harinya) untuk mengantarkan masyarakat yang mengalami kega&at daruratan ketempat pelayanan kesehatan.rujukan. H. Pembia%aan Ambulan Desa !embiayaan ambulan desa bisa berasal dari dana sehat ataupun dari Dasolin (Dana sosial bersalin) ataupun iuran rutin yang dibuat khusus oleh masyarakat, hal tersebut dapat di musy&arahkan oleh masyarakat untuk disepakati bersama agar alat transportasi yang digunakan sebagai ambulan desa dapat permasalahan kesehatan dalam hal ini kesiap siagaan memenuhi sarana transportasi sebagai ambulan desa.

I. Pengaturan &a"'al(

+. $ad&al yang ditentukan adalah hasil musya&arah dari sasaran ambulan desa, tokoh masyarakat.penaggung ja&ab serta pihak &arga lainnya. -. Dengan di adakannya musya&arah desa jad&al dapat diatur secara bergantian baik secara harian atau berkala sesuai dengan kesepakatan &arga. $ika pengelolaan, pendanaan dan penjad&alan ambulan desa dapat di musya&arahkan dengan baik, maka program tersebut dapat di jalankan sesuai dengan keinginan masyarakat, sehingga keterlambatan penanganan kega&at daruratan dalam masalah kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak dapat diatasi.

BAB III

PENUTUPAN A. ESIMPULAN +. #mbulan desa adalah suatu alat transportasi yang dapat digunakan untuk mengantarkan &arga yang membutuhkan pertolongan dan pera&atan ditempat pelayanan kesehatan. -. ,ujuan pengadaan ambulan desa adalah mempercepat pelayanan kega&at daruratan masa+ah kesehatan, bencana serta kesiap siagaan mengatasi masalah kesehatan yang terjadi atau mungkin terjadi. 3. #mbulan desa dikelola oleh masyarakat sendiri baik termasuk toma, toga, dan forum masyarakat lainnya. B. SA)AN 7endaknya para bidan maupun tenaga kesehatan lain selalu menerapkan maupun mengaktifkan keberadaan ambulan desa, demi mencegah terjadinya komplikasi yang tidak tertangani dengan segera. Dan hendaknya bidan selalu aktif menggalakkan kegiatan-kegiatan pendukung kesejahteraan maupun kesehatan masyarakat setempat.

D#8,#/ ! S,#%#

+. Syafrudin, S%M, M.%es, dkk. -9+9. Ilmu %esehatan Masyarakat. Salemba Medika1 $akarta -. )idan Menyongsong Masa Depan,!! I)I -99:. Depkes1 $akarta 3. %urikulum dan Modul !elatihan )idan !oskesdes dan !engembangan Desa Siaga. Depkes1 $akarta. 5. /ita ;ulifah dan ,ri $ohan #gus ;us&anto. -99<. #suhan %ebidanan %omunitas. Salemba Medika1 $akarta